Setelah diinisiasi sejak awal 2019, Samudera Indonesia Maritime and Logistics Training Center (SIMLI) makin dipercaya untuk memberikan pelatihan terkait dengan industri pelayaran dan logistik. Kali ini, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) memberikan kepercayaan kepada SIMLI untuk berbagi wawasan dan pengalaman.         

Pelatihan ini berawal dari kebutuhan EMCL mendapatkan pengetahuan terkait jenis pengiriman ex-works ke Gudang EMCL. Kondisi yang melatarbelakangi kebutuhan ini antara lain:

  • Selama ini pengadaan spare part dikirim oleh shipper ke pelabuhan tertentu, kemudian pengiriman ke gudang dilakukan oleh vendor lain, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan spare part tersebut menjadi kurang efisien.
  • Tingkat pemahaman proses pengurusan pengiriman langsung ke Gudang EMCL, belum sepenuhnya diketahui oleh bagian procurement

SIMLI dan PT Silkargo Indonesia pun berkolaborasi untuk dapat memenuhi permintaan tersebut.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan tanggal 3 Maret 2020, bertempat di Wisma GKBI Lantai 28, Jakarta. Difasilitasi oleh dua praktisi Samudera Indonesia, Bapak Anwar Ridwan (Branch Head PT Silkargo Indonesia Jakarta) dan Bapak Fian Indiyawanto (Managing Director PT Samudera Tangguh Logistik). Materi yang disampaikan oleh para fasilitator menitikberatkan pada empat poin yang dirasa perlu, antara lain: Logistics and Transportation Business, Cargo Handling Preparation, Incoterms and L/C arrangement, Customs Rules and Documents Arrangement, Mode and Transportation. Adapun para partisipan berasal dari bagian procurement dari EMCL yang bekerja di wilayah Jakarta dan Factory di Cepu.

Suasana kelas begitu terasa sangat efektif karena peserta terlihat aktif dan antusias dalam bertanya maupun berkomentar. Menariknya lagi dalam penyajian materi, fasilitator tidak hanya mengemas pelatihan dalam bentuk presentasi maupun diskusi tetapi juga memberikan contoh berupa studi kasus berdasarkan pengalaman-pengalaman dalam mengerjakan project yang berkaitan dengan materi. Kegiatan pelatihan ditutup dengan membagikan sertifikat untuk peserta dan juga sesi foto bersama.

Kembali