Samudera Indonesia, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang shipping dan logistics, mendapatkan penghargaan “High Growth” untuk emiten SMDR pada acara Malam Apresiasi Emiten Launching Indeks Tempo - IDN Financials yang dilaksanakan pada 23 Juni 2023.

Terdiri total 52 emiten dengan kinerja keuangan paling berkualitas di Bursa Efek Indonesia (BEI), SMDR menjadi perusahaan dengan portofolio kinerja keuangan yang meningkat dalam 5 tahun terakhir, tepatnya hingga periode Maret 2023. 

Hasil indeks yang kredibel tersebut disusun berdasarkan beberapa kriteria yaitu kapitalisasi pasar (market cap), frekuensi dan volume saham yang diperdagangkan per hari, jumlah free float, dan jumlah pemegang saham. "Indeks hanya mencakup emiten yang tercatat sebelum 2019," kata Marwiyati, direktur IDN Financials.

Pengukuran tersebut menghasilkan 4 kategori indeks yaitu Main Index, High Dividend Index, High Growth Index, and Big Market Cap Index. High Growth Index menjadi kategori penghargaan emiten SMDR. Artinya, yaitu memiliki pertumbuhan laba bersih maksimal 237,19% dengan kapitalisasi pasar 56% dari total kapitalisasi pasar.

Selama terjadinya pandemi Covid-19, angka emiten SMDR di pasar modal memang menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Hal ini juga didukung dengan jumlah investor yang juga bertambah. Menurut Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pada 2020 jumlah investor di pasar modal tercatat sebanyak 3,88 juta, melonjak menjadi 7,48 juta pada 2021, dan menjadi 10,31 juta pada 2022.

“Hingga Mei 2023, jumlah investor di pasar modal mencapai 11,06 juta, naik 7,28% dari akhir tahun lalu. Dari sisi usia, 57,81% investor di pasar modal berusia di bawah 30 tahun dengan total aset sebesar Rp49,22 triliun," ujarnya.

Indeks ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para investor muda, baik dari Generasi-Z maupun Milenial, yang ingin berinvestasi di pasar modal.

 

Sumber:

https://www.idnfinancials.com/news/47264/tempo-idnfinancials-launch-indeks

Kembali