Gempa mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB berkekuatan 7.0 (SR), diikuti berkali-kali gempa susulan telah menghancurkan sejumlah infrastruktur, rumah dan bangunan. Ratusan warga dilaporkan meninggal dunia dan ribuan lainnya mengalami cedera.

Untuk merespons musibah ini, sebagai perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan, Samudera Indonesia Peduli melakukan penggalangan donasi di lingkungan Samudera Indonesia. Dari donasi yang sudah terkumpul, Samudera Indonesia Peduli berhasil menyalurkan bantuan pertama kepada penerima manfaat yaitu korban gempa Lombok yang didistribusikan ke Desa Bayan, Lombok Utara pada 23 Agustus 2018.

Bantuan yang sudah didistribusikan berupa paket genset, mesin pompa air, selimut, sarung, mukena, pakaian, susu anak, biskuit dan perlengkapan lainnya. Tahap berikutnya, Samudera Indonesia Peduli akan mendirikan posko dari peti kemas yang dimodifikasi yang akan difungsikan sebagai posko layanan kesehatan, sekolah darurat, pusat informasi, dan fasilitas umum bersama.

Kembali