PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) kembali menambah armada kapalnya. Jumat (9/3) bertempat di PSA Keppel Terminal, Singapore, diadakan acara syukuran sekaligus peresmian pengoperasian perdana kapal baru yang diberi nama Sinar Penida. Kapal ini berjenis kapal pengangkut peti kemas (container carrier) dengan kapasitas sebesar 609 TEUs.

“Kapal ini merupakan kapal kedua yang diterima oleh Samudera Indonesia di Kuartal I – 2018 setelah sebelumnya telah diterima dan diresmikan terlebih dahulu pengoperasian sister ship yang diberi nama Sinar Palopo pada awal Februari lalu” ungkap Bani M. Mulia, Direktur Pengelola SMDR.

Sinar Penida dan Sinar Palopo akan melengkapi armada Samudera Indonesia yang direncanakan untuk melayani rute domestik antarpulau di Indonesia dan merupakan seri pertama dari program pengembangan dan peremajaan armada Samudera Indonesia di tahun 2018. Kedua kapal ini dibangun di Nanyang Jingjiang Shipbuilding, China dengan nilai investasi sebesar US$ 17 juta.

Untuk pelayaran perdana, Sinar Penida akan dioperasikan ke rute Internasional, yaitu Singapura, Malaysia, dan India.

“Setelah proses pendaftaran dan penggantian bendera ke bendera Indonesia, Sinar Penida akan melayani rute domestik antarpulau di Indonesia,” tegas Bani.

Peresmian kapal dilakukan oleh Ibu Chandraleika Masli Mulia, selaku Komisaris PT Ngrumat Bondo Utomo (holding company Samudera Indonesia). Pembacaan doa dan pemotongan tumpeng melambangkan rasa syukur atas mulai dioperasikannya Sinar Penida dengan mengharap berkah dan lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa agar kapal dapat beroperasi dengan aman dan mendukung peningkatan program konektivitas antarpulau Indonesia.

Kembali