Profil Pendiri


Soedarpo Sastrosatomo pada bulan Oktober 1952, mendirikan perusahaan pertamanya NVPD Soedarpo Corporation yang bergerak di bidang perdagangan, impor dan distribusi.

Pada 1 Maret 1953, Soedarpo mengambil alih NV ISTA (Internationale Scheepvaart Transport Agenturen) dan menjadi Managing Director-nya. Pada bulan November tahun yang sama, Soedarpo mendirikan Indonesia Stevedoring Ltd (INSTEL). Pada tahun 1956, INSTEL mengakuisisi Stroohoeden Veem (kemudian menjadi PT Sinar Harapan Veem Indonesia – SHVI), perusahaan bongkar muat dan pergudangan terbesar di Surabaya pada saat itu.

Pada 13 November 1964, melalui ISTA, INSTEL dan SHVI yang dikendalikannya, Soedarpo mendirikan PT Perusahaan Pelayaran Samudera “Samudera Indonesia” yang kemudian beliau pimpin selaku Direktur Utama hingga tahun 2000 dan selaku Komisaris Utama hingga beliau wafat pada 22 Oktober 2007.

Sepanjang karirnya, Soedarpo aktif di berbagai organisasi profesi dan sosial, di antaranya menjabat Ketua Umum INSA (Indonesian National Shipowners’ Association). Soedarpo juga dikenal sebagai salah satu District Governor Rotary International di Indonesia, dan Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Rotary Indonesia.

Pada tahun 1985, Soedarpo menerima penghargaan “Orde van Oranje-Nassau” dari Kerajaan Belanda atas jasa-jasanya kepada masyarakat. Di tahun 1995, beliau menerima “Bintang Mahaputra Pratama” dari Presiden Republik Indonesia. Dan pada 28 September 2000, Soedarpo terpilih masuk ke dalam “Maritime Asia Hall of Fame” sebuah penghargaan atas perjalanan karir Soedarpo dalam membangun Samudera Indonesia sebagai salah satu pemain industri maritim yang dihargai di Asia.

Visi

MENGHUBUNGKAN INDONESIA

Misi

Menyediakan layanan jasa transportasi untuk memenuhi kebutuhan distribusi barang dari dan ke seluruh penjuru Indonesia.

Berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memberikan solusi logistik yang efisien.

Senantiasa memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan seraya memberikan nilai tambah bagi pemegang saham.

Turut berperan serta dalam menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia.

Nilai

Menjunjung Tinggi Integritas dan Profesionalisme

Moto

Sabar Tabah Tekun Iman

Jejak Langkah

1953

Soedarpo Sastrosatomo mengambil alih kepemilikan NV ISTA (Internationale Scheepvaarten Transport Agenturen). Pendirian INSTEL (Indonesian Stevedoring Ltd).

1954

ISTA mulai mengageni Hapag dan Tokyo Senpaku Kaisha.

1956

INSTEL mengakuisisi Stroohoeden Veem (SHVI).

1964

Berdiri sebagai PT Perusahaan Pelayaran Samudera "Samudera Indonesia".

1967

Memulai pelayaran antarpulau di Indonesia.

1971

Pendirian perusahaan patungan bersama Tokyo Senpaku Kaisha (TSK) dan Nippon Yusen Kaisha (NYK) dengan nama PT Perusahaan Pelayaran Khusus “Pali Hota Dayaka” (PAHOKA) untuk mengangkut ekspor kayu dari Indonesia ke Jepang.

Ken Narotama Hidayatullah

Komisaris

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1976, efektif menjabat sebagai Komisaris sejak 2 Juni 2016 berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 3. 

Beliau mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (1999).

Memulai karier di Soedarpo Informatika sebagai Business Process Analyst dan Business Representative di San Diego, Amerika Serikat (1999-2001). Beliau melanjutkan kariernya sebagai IT Consulting Service Director (2005-2006) dan Komisaris Utama Soedarpo Informatika sejak tahun 2008 hingga sekarang. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bayu Buana Gemilang (2008-2014).

Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan dan PT Galangan Kapal Yasa Wahana Tirta Samudera, PT Tata Bandar Samudera, Bendahara Yayasan Gelora Energi Wakaf, serta Direktur PT Ngrumat Bondo Utomo dan PT NBU Indonesia Utama.

Pada tahun 2009 dan 2010, beliau ditunjuk oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia sebagai juri dalam program “101 Inovasi Indonesia”. Pada tahun 2014 beliau terpilih sebagai satu dari “50 Figur Inspiratif” Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Masli Mulia

Komisaris

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1946. Efektif menjabat sebagai Komisaris per tanggal 30 Juni 2020.

Beliau menamatkan pendidikan di Akademi Ilmu Pelayaran RI (1970). Beliau bergabung di Perusahaan sejak 1971 sebagai Mualim dan kemudian menjadi Nakhoda di berbagai kapal Samudera Indonesia. Sebelum menduduki posisi Direktur Utama, beliau menjabat sebagai Corporate Managing DirectorLogistics Group (1990-2010). 

Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Ngrumat Bondo Utomo, PT NBU Indonesia Utama. Direktur Utama PT Samudera Indonesia Tangguh serta Executive Chairman Samudera Shipping Line Ltd. 

Beliau pernah menjabat selaku Ketua Umum Asosiasi Logistics & Forwarders Indonesia dan hingga kini menjabat sebagai anggota Dewan Pembina. Beliau juga pernah menjabat sebagai Chairman Asean Federation of Forwarders Associations (2008-2010) dan Ketua Komite Tetap Intermoda & Logistik di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (2010). Saat ini beliau menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat Indonesian National Shipowners Association (INSA).

Shanti L. Poesposoetjipto

Komisaris Utama

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1948. Menjabat sebagai Komisaris Utama sejak tanggal 15 Mei 2008 berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa No. 25 dan diangkat kembali sejak tanggal 22 Mei 2014 berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa No. 41.

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama, beliau adalah anggota Dewan Komisaris Perusahaan sejak Juni 2000 hingga Mei 2008. Saat ini beliau juga menjabat selaku Komisaris Utama PT Asuransi Bintang Tbk dan PT Samudera Indonesia Tangguh, serta Direktur Utama PT Ngrumat Bondo Utomo dan PT NBU Indonesia Utama. 

Aktivitas Organisasi 
- Ketua Dewan Pembina Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) 
- Ketua Dewan Pembina Financial Club Jakarta 
- Ketua Dewan Pembina Yayasan Fitrah Bisnis Keluarga Nusantara (YFBN) 
- Ketua Dewan Pengurus Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) 
- Pendiri dan Anggota Dewan Pimpinan Singapore Chamber of Commerce Indonesia (SCCI) 
- Pendiri dan Ambassador Family Business Network Asia (FBN-Asia) 
- Anggota Dewan Kehormatan Kamar Dagang Jerman-Indonesia (EKONID) 
- Anggota Dewan Penyantun The Nature Conservancy Asia Pasifik (TNC-AP) 
- Anggota Dewan Penasihat Mercantile Athletic Club (MAC) 
- Anggota Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG)

Aktivitas Bidang Pendidikan 
- Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (YPPM) 
- Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan International Indonesia (IIEF) 
- Ketua Dewan Penasihat AIESEC-Indonesia 
- Anggota Dewan Penasihat Asia Tenggara Sekolah Manajemen INSEAD 
- Anggota Dewan Sekolah Manajemen dan Bisnis Institut Teknologi Bandung (SBMITB)
- Anggota Dewan Penyantun Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
- Pendiri dan Anggota Wharton e-fellow, Wharton Business School, University of Pennsylvania, USA.

Penghargaan 
- “Woman Inspire 2002 Award” untuk bidang Teknologi Informatika di kawasan Asia Pasifik yang diselenggarakan oleh Women’s Business Connection (WBC) Singapura. 
- “Penghargaan sebagai Penjaga Alam” atas kepemimpinan dan dedikasinya terhadap konservasi alam di Indonesia (bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun ke 15 The Nature Conservancy/TNC, 2006). 
- “Woman Entrepreneur of The Year 2009” dalam acara Asia Pacific Entrepreneurship Award 2009 Indonesia yang diselenggarakan oleh Enterprise Asia. 
- “Ganesa Wirya Jasa Utama” sebagai bentuk apresiasi Institut Teknologi Bandung (ITB) atas prestasinya dalam bidang pengembangan kewirausahaan di Indonesia (2013). 
- Tanda Jasa “The Order of the Crown” oleh Kerajaan Belgia atas jasa-jasanya membina kerjasama antara pelaku usaha Belgia dan Indonesia dalam mengemban tugasnya selaku Ketua Dewan Pimpinan Kamar Dagang Indonesia–Belgia, Belanda, dan Luksemburg (2016). 
- “Women of the Year” untuk pencapaian yang luar biasa dalam kepemimpinan yang bertanggung jawab di acara Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards 2018 (ACES Awards 2018), yang diselenggarakan oleh MORS Group, Singapore. 
- Terpilih dan dinyatakan sebagai salah satu dari 5 (lima) Pemimpin dan Enterpreneur perempuan Indonesia di Asia Tenggara oleh UBS AG Wealth Management dan tercatat dalam buku We-The Words of Women Empowered 2019.

Pendidikan 
Diplom Ingenieur (Dipl.Ing.) dari Institut Teknologi Munich-Jerman (TU-Munchen), jurusan Elektronika dengan spesialisasi bidang Ilmu Komputer pada tahun 1974.

Windrarta Wibowo

Komisaris

Windrarta Wibowo, lahir di Jakarta, 28 Juli 1953. Menjabat sebagai Komisaris. Beliau lulus dari Fachhochschule, bidang Ilmu Terapan Komputer Jerman pada tahun 1975 dan kemudian menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Institut Teknologi Bandung, bidang Matematika pada tahun 1985.

Beliau mengawali karirnya di NVPD Soedarpo Corporation dari tahun 1975 hingga tahun 1987. Beliau bergabung sebagai Komisaris Perseroan dari tahun 2009, kemudian melanjutkan karirnya sebagai Direktur Perseroan sejak tahun 2011. Selain sebagai Direktur Perseroan, beliau juga menjabat berbagai posisi di anak perusahaan Perseroan, antara lain sebagai Direktur PT Tata Bandar Samudera, Komisaris PT Galangan Kapal Yasa Wahana Tirta Samudera, PT Samudera Energi Tangguh dan PT Tata Mitra Samudera. Beliau pernah menjabat sebagai Komisaris Independen PT Asuransi Bintang Tbk dari tahun 2006 hingga 2012. Beliau juga menjabat di beberapa perusahaan antara lain sebagai Direktur di PT Inti Samudra Prakarsa (Telecommunication Infrastructure Provider) sejak tahun 2003 dan Direktur PT Branusa (Quantity Surveyors & Construction Cost Consultants) sejak tahun 1994, sebagai Komisaris Utama PT Bhaita (Offshore Shipping Company) dan Komisaris PT Assindo Perniagaan Internasional.

Zafar Dinesh Idham

Komisaris

Warga negara Indonesia, lahir di Jakarta, 28 Desember 1955. Meraih gelar Insinyur dari Institut Teknologi Bandung Jurusan Teknik Penyehatan pada tahun 1983 dan meraih gelar MBA dari IPMI – Monash University pada tahun 1999.

Memulai karirnya di PT Sucofindo (Persero) sejak 1984 sampai tahun 2008 dengan jabatan terakhirnya sebagai Direktur Utama. Beliau kemudian melanjutkan karirnya di PT Asuransi Bintang Tbk sebagai Direktur Utama dan saat ini menjabat sebagai Komisaris.

Beliau mengikuti berbagai seminar, pelatihan, penataran, lokakarya, konferensi, nasional maupun internasional, seperti Teknologi Informasi, Leadership, Manajemen, Lingkungan,dll. Selama berkarir, Beliau pernah bertugas di Calgary, Canada selama 1 tahun. Juga aktif dalam keorganisasian, antara lain Ikatan Ahli Teknik Penyehatan Lingkungan Indonesia, Ikatan Alumni IPMI, Asosiasi Independen Surveyor Indonesia (AISI).

Bani M. Mulia

Direktur Utama

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1980, memegang jabatan sebagai Direktur Utama sejak tanggal 30 Juni 2020.

Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Pengelola sejak 2016, Komisaris Utusan sejak 2013, dan Sekretaris Dewan Komisaris sejak 2009.

Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Direktur Pengelola PT Ngrumat Bondo Utomo, PT NBU Indonesia Utama dan PT Samudera Indonesia Tangguh. Selain itu, jabatan Direktur Utama juga dipegangnya di PT Samudera Terminal Indonesia, PT Samudera Indonesia Logistik Kargo, PT Silkargo Indonesia dan PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan. 

Di bidang organisasi, beliau aktif sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Perhubungan Laut di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan pengurus bidang Transportasi & Energi di Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO). 

Beliau menimba ilmu di Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen dan kemudian melanjutkan ke Deakin University, Australia di bidang studi Finance.

Farida Helianti Sastrosatomo

Direktur Kepatuhan

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1962. Beliau efektif menjabat sebagai Direktur Kepatuhan sejak tanggal 26 Juni 2019 berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 51.

Beliau meraih Sarjana Hukum jurusan Hukum Perdata dari Universitas Indonesia (1981). Sebelum bergabung dengan Samudera Indonesia, Beliau memulai karier di PT Bormindo Nusantara (1987-1988) sebagai Legal Officer. Beliau kemudian bergabung dengan Konsultan Hukum Ali Budiardjo, Nugroho, Reksodiputro (1988-1990) dengan posisi terakhir sebagai Associate. Setelah itu Beliau bergabung dan menjabat sebagai Senior Legal Manager/General Counsel for Indonesia (GCO) di American Express Bank Ltd, Jakarta (1990-1995).

Beliau juga pernah menduduki berbagai jabatan penting, seperti Executive Director/Jajaran Direksi PT Danareksa (Persero) (1995-2005) dan Anggota Dewan Komisaris Danareksa Investment Management (2003 –2005), Resource Director PT Maxima Integra Investama (2005-2006), Anggota Komite Eksekutif PT Carrefour Indonesia (2007-2014), salah satu Direktur Holcim (Malaysia) Sdn Bhd (2014-2015), Direktur Legal, Compliance & Corporate Affairs/ Independent Director/Sekretaris Perusahaan PT Holcim Indonesia Tbk (2014-2019), HR Director (sementara) PT Holcim Indonesia Tbk (2017-2018), Anggota Dewan Komisaris untuk Holcim Beton, Lafarge Indonesia dan 6 anak perusahaan Holcim Indonesia lainnya (2014-2019). Sejak 2019 sampai sekarang memegang jabatan sebagai Direktur Compliance PT Samudera Indonesia Tangguh dan Direktur Compliance/Corporate Secretary di PT Samudera Indonesia Tbk.

Di luar jabatan profesi, beliau sering berbagi pengetahuan dengan menjadi pembicara di berbagai acara. Sejak tahun 2017 beliau diundang menjadi dosen tamu di Program Master Sekolah Bisnis Manajemen ITB dan kemudian menjadi dosen tetap sejak Mei 2019.

Ridwan Hamid

Direktur Keuangan

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1963. Efektif menjabat sebagai Direktur sejak tanggal 22 Mei 2014 berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa No. 41 dan diangkat menjadi Direktur Independen sejak tanggal 2 Juni 2016 berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 3. Kemudian berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan No. 50 sejak tanggal 26 Juni 2019, beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan.

Sebelum bergabung dengan Perusahaan, beliau memulai karier di Prasetio Utomo & SGV-Arthur Andersen (1987-1992) dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Tim Akuisisi Merger. Beliau melanjutkan karier dan menduduki berbagai posisi di Coca-Cola Amatil Indonesia (1992-2005).

Selanjutnya, beliau pernah menduduki beberapa posisi penting lainnya, yaitu sebagai CFO (2005-2008) dan Direktur Utama (2008-2010) di Hutchison Port, Komite Eksekutif Pelabuhan Internasional (2010- 2011), serta CEO dan Direktur Utama di Group Anglo Eastern Plantations, yang mencakup 17 perusahaan perkebunan sawit dan pabrik CPO di Indonesia (2011-2014). 

Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Keuangan dan Akuntansi dari Universitas Padjadjaran, Bandung (1987).

Tara Hidayat

Direktur Sumber Daya Manusia

Warga negara Indonesia, lahir pada tahun 1963. Beliau efektif menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia sejak tanggal 30 Juni 2020.

Beliau meraih Sarjana Ekonomi jurusan Pemasaran & Keuangan dari Universitas Indonesia (1988). Beliau bergabung dengan Samudera Indonesia dengan membawa lebih dari 20 tahun pengalaman di berbagai perusahaan global dan 10 tahun di pemerintah dan badan umum milik negara (BUMN). Beliau memulai karir di ACCENTURE (1988-2002) dengan jabatan terakhir sebagai Associate Partner melayani industri jasa keuangan. Beliau kemudian bergabung dengan IBM (2002-2006) dengan jabatan terakhir sebagai Country Leader & Partner IBM Global Business Services.

Beliau juga pernah menduduki berbagai jabatan penting, seperti Presiden Direktur KORN FERRY di Indonesia (2007-2009), Deputi IV (Bidang Inisiatif Strategis & Hubungan International) pada Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan & Pengendalian Pembangunan (UKP4) (2009–2014), Direktur Pengembangan Organisasi dan Talenta di PT Pelabuhan Tanjung Priok (2015-2017), dan juga sebagai Direktur SDM di PT Jakarta International Container Terminal (2017-2019).