Hingga kini, penipuan di dunia digital masih marak terjadi. Terbukti dengan kemunculannya baru-baru ini dalam bentuk phishing serta email spoofing yang mengatasnamakan nama Samudera Indonesia. Namun sebelum itu, sebenarnya phishing dan email spoofing itu apa sih?

Phishing, berasal dari kata fishing yang artinya memancing, merupakan suatu upaya penipuan secara virtual yang bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data pribadi seperti nama, usia, alamat, no. telepon, bahkan hingga data finansial. Biasanya upaya ini dilakukan melalui link, email, maupun website. Sounds familiar, right?

Sedangkan, email spoofing, yang juga termasuk salah satu teknik phishing, adalah upaya penipuan dengan cara pemalsuan pada bagian header email sehingga terlihat seolah-olah dikirimkan dari pihak yang terpercaya. Cara identifikasi dapat dilihat melalui link berikut.



Pada akhirnya, seluruh upaya penipuan hanya berujung menimbulkan kerugian finansial bagi para korbannya. Maka dari itu, kami selalu menghimbau seluruh pihak untuk lebih waspada terhadap seluruh bentuk penipuan dan jangan membagikan data pribadi kepada platform atau pihak yang tidak dipercaya.

Terakhir, kalian juga dapat melakukan verifikasi ke platform resmi Samudera Indonesia:

Instagram: @samudera.id dan @lifeatsamudera
Facebook: SamuderaID
Youtube: Samudera Indonesia
Twitter: Samudera Indonesia
LinkedIn: Samudera Indonesia
Job Street: Samudera Indonesia

Kembali