Melanjutkan rangkaian Program Samudera Green Movement, Samudera Peduli kembali melakukan usaha pelestarian lingkungan dengan menanam 6000 bibit mangrove kali ini berlokasi di Semarang.

Berlokasi di Mangkang Wetan, Tugu, Kota Semarang, penanaman mangrove ini bekerja sama dengan Benih Baik dan IKAMAT (Inspirasi Keluarga Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur). Kegiatan penanaman 6000 bibit mangrove ini dilakukan sebagai upaya pencegahan abrasi yang terjadi di wilayah pesisir Mangkang Wetan ini. Sama halnya dengan kegiatan penanaman mangrove di Bekasi, Kali ini Samudera Peduli juga melibatkan karyawan dari unit bisnis di wilayah Semarang, Yogyakarta, dan sekitarnya. Jenis mangrove yang ditanam pada Samudera Mangrove Planting kali ini adalah Rhizopora sp.

Peserta penanaman mangrove sudah mulai datang ke titik kumpul pada pukul 08.30 WIB. Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur Pengelola Samudera Peduli dan dilanjutkan dengan penjelasan cara menanam mangrove serta safety induction. Berbekal sarung tangan dan sepatu bot, peserta kegiatan menanam bibit mangrove dengan antusias. Selain dibantu warga lokal, hadir juga cadet penerima beasiswa pelaut dari Politeknik Bumi Akpelni. Acara ditutup dengan makan siang bersama dan pembagian doorprize dan souvenir olahan mangrove berupa kerupuk mangrove, stik mangrove, serta kopi dengan campuran biji buah mangrove untuk semua peserta yang mengikuti acara Samudera Mangrove Planting.

"Kegiatan penanaman mangrove hari ini sudah sejalan dengan gerakan Samudera Green Movement. Samudera Indonesia melihat perlunya partisipasi Samudera Indonesia, sebagai perusahaan pelayaran, untuk pelestarian lingkungan terutama di wilayah laut dan sekitarnya. Harapannya kegiatan penanaman mangrove hari ini dan kegiatan pelestarian lingkungan lainnya dapat berdampak baik dalam pelestarian lingkungan Indonesia secara umum. Pelibatan karyawan juga sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan" ungkap Ibu Nadya Anette, Direktur Pengelola Samudera Peduli.

Penanaman bibit mangrove ini diharapkan dapat mencegah abrasi dan memperbaiki ekosistem mangrove yang ada di kawasan pesisir Mangkang Wetan, Semarang. Dengan begitu, diharapkan para petani tambak dan nelayan dapat terjaga tangkapan ikannya, dan lingkungan tempat tinggal mereka terhindar dari abrasi

Kembali